Sabtu, Januari 28, 2023
Google search engine

Pada 2027 STAI Pelita Nusa Siap Menjadi Institut Agama Islam

Ngamprah – Pada 2027 nanti, salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan dan Pengetahuan Masyarakat Republik Indonesia (LPPM RI), yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pelita Nusa Bandung Barat siap bertransformasi menjadi Institut Agama Islam (IAI) Bandung Barat. Hal tersebut diutarakan Direktur Yayasan LPPM RI Hasbi Pratama Arya Agung, SE., SH., MH (25) di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (24/10).

Direktur Yayasan LPPM RI Hasbi Pratama Arya Agung, SE., SH., MH
Direktur Yayasan LPPM RI Hasbi Pratama Arya Agung, SE., SH., MH

Menurutnya, alih status kampus tersebut memang sudah dicanangkan dan tercantum dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Yayasan LPPM RI. “Insya Allah pada tahun 2027 nanti, perguruan tinggi yang kami miliki yaitu STAI Pelita Nusa akan bertransformasi menjadi Institut Agama Islam. Selain sudah tercantum dalam RIP yayasan, pengembangan tersebut merupakan semangat dari kami para pengurus yayasan yang senantiasa ingin adanya kemajuan demi pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Bandung Barat,” ujarnya.
Perjalanan STAI Pelita Nusa Bandung Barat sendiri dimulai sekitar sembilan tahun yang lalu, atau pada tahun 2013. Setelah mendapatkan SK dari Kementrian Agama Republik Indonesia dengan satu program studi, yaitu Ekonomi Syariah dengan jenjang sarjana atau S1, yang kala itu masih bernama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) LPPM secara resmi mulai beroperasi. “Alhamdulillah antusias masyarakat KBB terhadap prodi Ekonomi Syariah sangat bagus. Tercatat, pada waktu itu kami menerima sebanyak 60 mahasiswa baru yang lolos seleksi dari 100 orang pendaftar,” ungkapnya membuka obrolan mengenai sejarah STAI Pelita Nusa.
Pada tahun 2013 juga, tercatat bahwa STEI LPPM merupakan kampus pertama di KBB yang memiliki program studi Ekonomi Syariah jenjang sarjana. Seiring waktu, pada tahun 2015 STEI LPPM menambah satu prodi lagi yang masih dalam rumpun ekonomi, yaitu Perbankan Syariah. “Dua tahun setelah berdiri, kampus kami menambah lagi satu prodi yaitu Perbankan Syariah. Kami menambah prodi ini, karena kita melihat potensi wilayah. Lokasi kampus kami yang berada tepat di pusat perekonomian KBB, sehingga perlu ada penguatan SDM atau lulusan ekonomi yang menguasai teori, kajian, serta praktik yang nantinya mendukung terhadap mekarnya perekonomian di KBB,” ungkap lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran tersebut.
Perkembangan kampus yang berlokasi di Jalan Raya Caringin No. 374 Cimareme-Ngamprah, KBB tersebut memang sangat signifikan. Pada bulan Oktober tahun 2021 lalu, Kemenag RI merestui permohonan alih status STEI LPPM menjadi STAI Pelita Nusa. Kemudian disusul pada bulan Oktober tahun 2022, STAI Pelita Nusa menambah dua prodi lagi, yaitu Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kedua prodi tersebut berjenjang sarjana atau S1. “Pada tahun lalu STEI LPPM resmi beralih status dan berganti nama menjadi STAI Pelita Nusa. Hal ini berarti, prodi di kampus kami tidak hanya dari rumpun ekonomi tapi lebih luas lagi. Diantaranya SK dari Kemenag RI yang awal bulan ini kami terima, alhamdulillah prodi HES dan MPI telah resmi kami miliki,” ungkap lelaki yang hobi touring tersebut.
Ketika ditanya mengenai rencana penambahan lahan untuk kampus, lelaki kelahiran Bandung 10 November 1997 tersebut mengungkapkan, akan menambah aset yayasan berupa pembelian lahan kosong untuk kampus dua STAI Pelita Nusa di wilayah Situ Ciburuy. “Jika disini (Cimareme.red) sepertinya sudah sangat padat sekali, jadi kecil kemungkinan untuk memperluas lahan kampus. Tapi kami bersama pengurus yayasan, berencana untuk menambah aset tanah untuk pengembangan kampus di sekitar Situ Ciburuy,” ujarnya dengan nada optimis.
Sebagai informasi, bagi masyarakat KBB dan sekitarnya, saat ini STAI Pelita Nusa masih membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023. Ada empat prodi pilihan dengan jenjang sarjana (S1), yaitu: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, dan Manajemen Pendidikan Islam. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa datang langsung ke kampus STAI Pelita Nusa Bandung Barat. (A.01)

Source – Jurnalkbb

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments