Berita Utama

Senin, 4 Desember 2023
Senin, Desember 4, 2023
spot_img

Keunggulan SMK, SMA, dan MA, Kamu Pilih Mana?

Editor:Nendi

TRENDING, Topinfo.id: Anak adalah individu yang unik, banyak kesamaan dalam perkembangannya. Namun, anak memiliki hal unik dan keuanggulannya yang membedakan dengan anak lainnya, sekalipun anak kembar.

Hal tersebut, juga akan dirasakan saat anak menginjak masa lulus SMP/Mts/Sederajat dalam menentukan pilihan sekolahnya. Berikut keunggulan dari masing-masing sekolah yang bisa dijadikan referensi.

Keunggulan SMK

Lulusan anak SMP akan melanjutkan ke jengjang SMK ini dipersiapkan untuk kerja. Anak-anak sekolah kejuruan dapat bekerja dengan cepat menggunakan keterampilan yang mereka miliki sejak sekolah. Peluang kerja lebih besar dibandingkan dengan lulusan SMA. Dari segi jurusan, SMK tentu lebih baik dalam mencari pekerjaan. Inilah sebabnya banyak lulusan SMK yang langsung bekerja.

Keunggulan SMA

Anak yang memilih melanjutkan sekolah ke jenjang SMA akan lebih banyak menghabiskan menggeluti didalam kajian teoritis. Kenapa? karena anak SMA dipersiapkan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Sehingga, anak yang menempuh jalur SMA ini akan lebih banyak bermuara pada disiplin ilmu yang lebih banyak.

Keunggulan MA

Dilansir dari situs Kementrian Agama, keunggulan Madrasah Aliyah pada masa kini yaitu mempunyai basis teori dan praktik agama islam. Hal ini dapat menjadi referensi orang tua yang mempersiapkan anaknya untuk pegangan hidup. Apalagi dijaman sekarang perlu adanya pendamping aqidah dalam hidup bermasyarakat.

Lulusan SMP harus Memilih

Sejatinya anak SMP yang sudah lulus akan bertanya serta berkonsultasi pada orang tua untuk melanjutkan ke kenjang pendidikan yang diharapkan untuk masa depan. Ada beberapa tips yang bisa dilaksanakan untuk jadi bahan pertimbangan dalam mempersiapkan memilih jenjang pendidikan.

  1. Ketahui bakat dan minatnya
  2. Menentukan jenis pekerjaan yang dicita-citakan
  3. Kenali dalam proses pembelajarannya, apakah cenderung menyukai praktik atau ke teori.
  4. Estimasi biaya pendidikan

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -spot_imgspot_img