Senin, Agustus 8, 2022
Google search engine
BerandaNasionalSejalan dengan Kadin, Kelompok Milenial Anggap Pemblokiran Kominfo Tak Mengganggu Iklim Investasi...

Sejalan dengan Kadin, Kelompok Milenial Anggap Pemblokiran Kominfo Tak Mengganggu Iklim Investasi Digital

Kalangan pengusaha menganggap kebijakan Kementerian Kominfo yang memblokir sejumlah platform digital, karena belum terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat, belum mengganggu iklim investasi digital dan ekonomi kreatif.

Langkah Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk memblokir beberapa platform yang tak terdaftar dalam penyelenggara sistem elektronik (PSE) oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dianggap tepat dan tak bermasalah.

Terkait masalah pemblokiran Kominfo, Adhiya Muzakki selaku Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), menilai bahwa yang disampaikan oleh Kadin adalah rasional, sejauh diukur pada iklim investasi digital dan ekonomi kreatif sampai saat ini belum terganggu akibat pemblokiran tersebut.

“Tak ada yang bermasalah dengan pemblokiran. Sampai saat ini, iklim investasi digital dan ekonomi kreatif masih terkendali, sesuai dengan yang disampaikan oleh Kadin,” papar Adhiya saat memberikan penjelasan, pada Rabu (3/8).

Berdasarkan pengamatannya, Adhiya menyebut bahwa pemblokiran oleh Kominfo, tidaklah arbitrer. Mengingat hal tersebut didasarkan pada regulasi yang sah, yaitu Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020.

“Pemblokiran Kominfo tetaplah absah, ada regulasi yang mengatur tentang langkah pemblokiran itu, jadi tidak ada yang bermasalah” jelasnya.

Meski demikian, Adhiya menilai bahwa Kominfo perlu memperhatikan saran yang disampaikan oleh Kadin, yaitu perlunya menyosialisasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan.

“Kadin sudah menyarankan agar ada sosialisasi sebelum menindak tegas _platform-platfom_ yang bermasalah. Dan kami kira itu penting dicatat oleh Kominfo untuk ke depannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Adhiya mencatat, urgensi sosialisasi dilakukan bertujuan untuk menjaga bisnis teknologi seperti keberadaan _plaform-platform_ digital yang berkembang sangat pesat.

“Pentingnya sosialisasi itu agar meminimalisir adanya pihak yang dirugikan dalam iklim bisnis teknologi seperti keberadaan _plaform-platform_ digital tersebut,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Adhiya dan pihaknya berkomitmen untuk terus mengawal iklim bisnis teknologi yang ramah terhadap masyarakat dan sesuai dengan regulasi yang ada

“Kami dari PMI, senantiasa mendorong dan akan membantu siapapun dalam ihwal menjaga perkembangan teknologi, tetapi acuannya haruslah mengarah pada kepentingan masyarakat serta sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan,” pungkasnya

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments