spot_img
Kamis, Oktober 6, 2022
spot_imgspot_img
BerandaNasionalPertamina Akan Batasi Pembelian Pertalite di SPBU

Pertamina Akan Batasi Pembelian Pertalite di SPBU

NASIONAL, Topinfo: Setelah pemerintah membuat kebijakan untuk kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), kini pertamina akan membatasi pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar.

Diketahui untuk pembelian pertalite pada kendaraan roda empat, akan dibatasi maksimal pembelian 120 liter pertalite setiap harinya. Kemudian untuk pembelihan BBM subsidi jenis solar, untuk mobil pribadi akan di batasi maksimal pembeliannya 60 liter per hari. Serta 80 liter per hari, untuk kendaraan umum roda empat. (18/09/2022)

Patra Niaga Irto Ginting selaku Corporate Secretary PT Pertamina mengatakan, pembatasa pembelian pertalite untuk roda empat, masih dalam tahap uji coba. Pembatasan volume pembelian tersebut hanya bersifat sementara.

“Pembatasan pembelian tersebut, sementara saja. Sebagai default di sistem, dimana kita dalam hal ini sedang melakukan uji coba sistem dan infrastruktur. Karena, pemerintah juga belum menerbitkan surat edaran tentang kriteria jenis kendaraan yang dibolehkan untuk menggunakan BBM subsidi jenis Pertalite, ungkap Irto.

Diketahui saat ini, pihak Pertamina saat ini masih menunggu revisi atas regulasi yang di perlukan sebagai pijakan. Regulasi tersebut adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014. Didalamnya membahas tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

“Kami masih menunggu ketentuan kriteria jenis kendaraan apa saja, yang bisa menggunakan BBM subsidi. Nantinya akan tertuang dalam revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014,” ungkap Irto.

Irto juga menjelaskan, skema pembelian BBM subsidi di SPBU Pertamina di siapkan secara sederhana. Setiap kedaraan roda empat yang akan membeli Pertalite, akan dicatat nomor polisinya oleh petugas yang ada SPBU.

“Pencatatan nomor polisi tersebut, hanya berlaku bagi kendaraan yang belum mendaftar dalam aplikasi MyPertamina. Sedangkan untuk kendaraan yang sudah terdaftar di MyPertamina, hanya di arahkan untuk menunjukkan QR Code saja, ketika sedang melakukan transaksi. Kemudian secara otomatis akan terekam oleh sistem My Pertamina,” ungkap Irto.

Irto juga menambahkan, bagi kendaraan yang sudah melebihi batas volume pembelian BBM per hari, maka secara otomatis sistem tidak dapat mengisi kembali. Mengingat, akan di-lock oleh sistem yang ada dalam aplikasi My Pertamina. “Sehingga pengendara dan popam bensin yang ada di SPBU tidak bisa mengisi lagi di luar batas maksimal,” pungkas Irto.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments