spot_img
Kamis, Oktober 6, 2022
spot_imgspot_img
BerandaNasionalPenggunaan Mobil Listrik Akan Dilakukan Bertahap, Dimulai Dari Kendaraan Oprasional Dinas

Penggunaan Mobil Listrik Akan Dilakukan Bertahap, Dimulai Dari Kendaraan Oprasional Dinas

NASIONAL, Topinfo: Presiden Joko Widodo, telah mengeluarkan instruksi Presiden untuk penggunaan mobil listrik. Kendaraan listrik tersebut, berlaku sebagai kendaraan dinas pemerintah pusat sampai ke daerah. Akan tetapi pada perealisasiannya, penggunaan mobil listrik tersebut, secara bertahap segera dilakukan.

Menurut Rionald Silaban, selaku Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan, penerapan bertahap ini disesuaikan dengan ketentuan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK).

“Kaitan penerapan mobil listrik sebagai oprasional aparatur pemerintahan. Saya kira nanti direalisasikan bertahap. Hal ini tentu akan ditinjau dari usia kendaraan. Kami juga akan perhatikan standar barang sesuai kebutuhan,” ungkap Rionald, dalam keteranganya pada hari Rabu, (19/09/2022).

Dilain pihak Encep Sudarwan, selaku Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara Kemenkeu mengatakan, bahwa saat ini pemerintah tengah melakukan pembahasan atas kebijakan penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas.

“Pada tahap pembahasan tersebut, pemerintah sedang mengkaji persoalan standar kriteria mobil listrik yang akan digunakan. Supaya nanti bisa menetapkan kebijakan standar kendaraan dinas berbasis listrik tersebut. Dalam kebijakan tersebut, akan di cantumkan juga model mobil listrik apa yang diajadikan acuan standar kendaraan dinas,” tutur Encep.

“Karena, masih kami bahas, supaya jelas dan end-to-end. Sejak dari awal sampai akhir, sangat harus untuk diperhatikan. Jika tidak diperhatikan standarnya, dikhawatirkan nanti tiba-tiba diganti tanpa ada acuan standar kebijakan penggunaan mobil listrik tersebut. Hal ini bertujuan supaya, dalam penerapannya lebih aman. Serta kini sedang proses,” ungkap Encep.

Seperti yang telah diketahui publik, penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas, tercantum dalam Instruksi Presiden (Inpres). Intruksi Presiden (Inpres) tersebut, Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Oprasional pemerintahan pusat dan daerah.

Dalam isi intruksi Presiden tersebut menegaskan, kelasifikasi pengguna kendaraan dinas, baik kendaraan operasional atau kendaraan pimpinan atau perseorangan dinas, yang ada Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kebijakan penggunaan kendaraan mobil listrik sebagai oprasional kendanraan tersebut, ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 13 September 2022.


Editor: Fauzan B

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments