Senin, Agustus 8, 2022
Google search engine
BerandaNasionalJelang Pilpres 2024, KPU Rilis 45 Partai Politik Telah Mengunggah Data di...

Jelang Pilpres 2024, KPU Rilis 45 Partai Politik Telah Mengunggah Data di Sipol

NASIONAL, Topinfo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis, ada 45 partai politik (parpol) yang telah mengunggah data partai politik melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Tahapan berikutnya parpol diminta untuk menyerahkan dokumen pendaftaran ke KPU.

Sebagai informasi, aplikasi Sipol sudah digunakan sejak pendaftaran partai politik mulai dari Pemilu 2017 s/d 2019. Aplikasi Sipol digunakan sebagai salah satu aktulisasi kebijakan KPU RI dalam melakukan pendaftaran parpol, agar tidak perlu membawa banyak dokumen kertas.

Hasyim Asy’ari selaku Ketua KPU menjelaskan bahwa, setelah data masing-masing partai politik di unggah dalam aplikasi Sipol, selanjutnya partai-partai politik tersebut diminta untuk menyerahkan dokumen-dokumen penfaftara peserta Pemili 2024 pada 1-14 Agustus 2022.

“Hal itu sudah dijelaskan dalam Undang-Undang kepemiluan bahwa, pimpinan parpol menyampaikan dokumen-dokumen pendaftaran berbentuk surat yang di tanda tangani oleh ketum atau sekjen parpol,” ungkap idham.

Hasyim membeberkan, dokumen tersebut diantaranya, surat pendaftaran yang disertai dengan dokumen persyaratan secara lengkap, sebagaimana telah ditentukan Undang Undang kepemiluan. dengan lengkap. Ungkapnya pada hari Sabtu (23/7/2022)

Disisi lain Idham Kholik selaku anggota KPU RI menjelaskan, ada 45 parpol yang telah di berikan akses akun pengguna di aplikasi Sipol. Dari tolah keseluruhan yang 45 parpol tersebut, didalamnya termasuk 7 Parpol Lokal Aceh & 28 Parpol tingkat nasional.

“Sebetulnya saat ini masih dalam proses penginputan data melalui Sipol. Rata-rata kelengkapan parpol yang sudah memenuhi pesyaratan sekitar 25% hingga 75%. Rata-rata pelengkapan pendaftaran peserta pemilu 2024, untuk parpol di tingkat parlemen mayoritas sudah di atas 50% kelengkapan data yang diunggah kedalam aplikasi Sipol KPU,” ungkap Idham

Idham juga menegaskan, dari jumlah partai tingkat nasional yang masuk parlemen, dengan jumlah 38 parpol, secara pesentase pengerjaan kelengkapan data, rata-rata sudah di atas 50%,” tegas Idham.

“Kebijakan Sipol KPU tersebut sebagai sarana informasi yang akan menyampaikan kepada parpol agar lebih efektik. Selain itu, pendafataran melalui sipol KPU, untuk meminimalisir sebanyak mungkin penggunaan kertas atau hardcopy, yang nantinya bisa menyebabkan banyaknya kertas betumpuk,” pungkas Idham.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments