Selasa, Maret 28, 2023
spot_img

Indonesia dan Malaysia Bahas Perlindungan Pekerja Migran

Penulis:Ujang Nana

NASIONAL,Topinfo.id: Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Manusia Malaysia V. Sivakumar kembali membahas perlindungan pekerja migran asal kedua negara.

Pertemuan kedua menteri asal Indonesia dan Malaysia, berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Melanjutkan pembahasan dari pertemuan sebelumnya, yang membahas upaya perlindungan Pekerja Migran oleh kedua negara, Sabtu (18/03/2023).

Kunjungan Menaker Penyelesaian Berbagai Persoalan

Diketahui bahwa kunjungan Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan RI, dalam rangka penyelesaian berbagai persoalan terkait Pekerja Migran Indonesia (PMI) Domestik.

Menaker mengemukakan persoalan utama yang harus diselesaikan terkait implementasi MoU Penempatan dan Pelindungan PMI Domestik yang telah ditandatangani. MoU tersebut berisi tentang penegakan hukum yang adil dan residual issues perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Selain itu, persoalan lainnya juga perlu diselesaikan, yakni terkait repatriasi, kebijakan rekalibrasi dan integrasi sistem sesuai alur proses MoU. Serta diseminasi informasi rekrutmen PMI Domestik sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kami berharap isu-isu tersebut dapat menjadi perhatian Pemerintah Malaysia melalui Menteri Sivakumar. Mengingat hal iniĀ  sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kesepakatan kedua negara dalam mengimplementasikan MoU yang telah ditandatangani,” ungkap Ida Fauziyah.

Menaker berharap dengan dilakukannya pertemuan hari ini dapat memberikan dukungan kerja sama yang konkret dalam pelindungan bagi pekerja migran indonesia. Khususnya bagi para perkerja migran Indonesia yang bekerja di sektor domestik.

“Saya percaya dengan dukungan Tuan Sivakumar, Menteri Sumber Manusia Malaysia dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya di Malaysia. Untuk itu kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia, khususnya di bidang ketenagakerjaan dapat menghasilkan solusi yang lebih konkret,” ungkap Menaker.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments