Sabtu, September 23, 2023
spot_img

Transformasi Pulse Lab jadi UN Global Pulse, Inovasi Kawasan Asia Pasifik

Editor:Ujang Nana

INTERNASIONAL, Topinfo.id: Pulse Lab Jakarta (PLJ) telah resmi bertransformasi United Nations Global Pulse Asia Pacific, ini menjadi hubungan inovasi regional di kawasan Asia Pasifik.

Diketahui, hal ini dalam rangka menindaklanjuti hasil deklarasi KTT G20 di Bali serta mendorong inovasi dan pembangunan di Asia Pasifik.

Pulse Lab Jakarta (PLJ) telah berevolusi dari laboratorium inovasi big data menjadi akselerator kemitraan analitika.

Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Taufik Hanafi menjelaskan, awalnya Pulse Lab Jakarta berdiri tahun 2012, fasilitas inovasi bersama PBB dan Indonesia.

‚ÄúPemerintah Indonesia sangat mengapresiasi kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta selama lebih dari 10 tahun ke belakang. Kami sangat antusias untuk menjadi tuan rumah hubungan inovasi ini, ” ujar Taufik Hanafi, Jumat (23/06/2022).

Kemitraan dengan berbagai para pihak. Termasuk Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia, telah memungkinkan Pulse Lab Jakarta untuk memperkuat efektifitas negara-negara anggota PBB. Serta masyarakat umum dan sektor swasta.

Transisi Hubungan Inovasi Regional Baru

Minister Counsellor Governance and Human Development Kedutaan Australia, Madeleine Moss menyatakan sebagai mitra pendukung PLJ. Pihaknya dengan senang hati mendukung kepemimpinan Indonesia dalam transisi menjadi hubungan inovasi regional yang baru.

“Indonesia memiliki banyak pengalaman transformasi digital yang dapat dibagikan dengan berbagai negara di kawasan Asia Pasifik. Upaya bersama ini memperkuat dedikasi kedua negara untuk mendorong inovasi dan pembangunan berkelanjutan di Asia Pasifik,” ujar Madeleine.

Kepala Perwakilan PBB di Indonesia, Valerie Julliand menjelaskan seiring ekosistem yang berkembang, ada tuntutan yang lebih besar untuk mengembangkan dan mengimplementasikan solusi inovatif yang lebih baik untuk menjawab berbagai tantangan dunia modern.

Global Pulse akan melanjutkan beberapa hal yang telah dilakukan oleh Pulse Lab Jakarta, yang selama lebih dari satu dekade telah sukses dalam menghasilkan lebih dari 100 prototipe dan 50 kemitraan baru. Serta menempatkan Indonesia dan PBB di posisi terdepan dalam mendorong inovasi regional.

“Selama bertahun-tahun, Pulse Lab Jakarta telah memperkuat kapabilitas dan efektifitas badan-badan PBB dan para pemangku kepentingannya dan sebagai hub regional Asia Pasifik. Mereka akan memberikan nilai tambah yang lebih besar lagi bagi kawasan ini,” ujar Valerie Julliand.

Direktur Unit Monitoring Strategis dari Kantor Sekjen PBB, Ayaka Suzuki mengatakan hubungan inovasi regional akan memegang peranan sebagai enabler, dan mendukung jaringan mitra pembangunan.

“Tantangan saat ini semakin kompleks dan membutuhkan solusi yang inovatif dan terpadu,” ujar Ayaka Suzuki.

Menurutnya, peluncuran Global Pulse Asia Pasifik merupakan pencapaian signifikan yang memperkuat visi Sekretaris Jenderal PBB terkait bagaimana PBB yang dapat mendukung masa depan yang inklusif dan berkelanjutan dengan lebih baik.

“Dengan demikian, kami dapat memastikan bahwa dampak dari pekerjaan kami tidak hanya tepat waktu dan berkelanjutan. Namun, kami juga dapat memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal, ” kata Ayaka.

Global Pulse Katalisator Inovasi Kawasan Asia Pasifik

Peluncuran United Nations Global Pulse Asia Pasifik dilakukan atas keberhasilan Pulse Lab Jakarta. Kemudian akan memposisikan hubungan regional yang berbasis di Jakarta ini sebagai pendukung sistem PBB di kawasan Asia Pasifik.

Global Pulse akan menjadi katalisator hubungan inovasi regional. Serta akan menjalankan portofolio proyek inovasi di lapangan yang menerapkan metode data, digital, strategic foresight dan behavioralscience untuk isu-isu regional.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -spot_imgspot_img