Berita Utama

Kamis, 22 Februari 2024
Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Putra Mahkota Saudi Beri Syarat, Untuk Bantu Bangun Kembali Gaza

INTERNASIONAL, Topinfo.id: Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri (PM) Arab Saudi, Mohammed bin Salman akan bangun kembali Gaza hingga normalisasi hubungan dengan Israel.

Diketahui, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), berkomitmen untuk membantu upaya pembangunan kembali Jalur Gaza yang hancur akibat perang antara Israel dan Hamas.

Hal ini disampaikan, oleh sejumlah pejabat senior pemerintah Amerika Serikat (AS) yang enggan disebut namanya.

Dirinya mengungkapkan bahwa komitmen MBS itu berhasil didapatkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken saat berkunjung ke Riyadh beberapa waktu lalu.

Selain mendatangi Saudi, Blinken juga melakukan serangkaian kunjungan ke negara-negara Arab lainnya ketika perang terus berkecamuk di Jalur Gaza.

Dituturkan sejumlah pejabat senior AS itu bahwa pencapaian terbesar Blinken dalam rangkaian perjalanan itu adalah mendapatkan komitmen dari MBS dan empat pemimpin negara Arab Saudi lainnya untuk membangun kembali Jalur Gaza setelah perang.

MBS, menurut para pejabat senior AS tersebut, bahkan menawarkan untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari perjanjian untuk pembangunan kembali Jalur Gaza.

Hal ini menjadi langkah diplomatik yang sejak lama diupayakan oleh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

Namun ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh Israel agar hal itu bisa terwujud. Apa persyaratan itu?

Disebutkan para pejabat senior AS itu bahwa MBS bersedia membantu pembangunan kembali Jalur Gaza dan bahkan menormalisasi hubungan dengan Israel jika pemimpin Israel setuju untuk memberikan jalan bagi Palestina untuk secara resmi menjadi sebuah negara.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img