Berita Utama

Kamis, 22 Februari 2024
Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Bersiap Perang Panjang, NATO Akan Terlibat Lawan Rusia di Ukraina

Editor:Ujang Nana

INTERNASIONAL, Topinfo.id: Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan perang di Ukraina tidak akan segera berakhir, pihaknya siap terlibat melawan Rusia di Ukraina.

Hal itu terungkap dalam sebuah wawancara, ketika Kyiv terus melanjutkan serangan balasannya terhadap Rusia.

“Sebagian besar perang berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan saat pertama kali terjadi,” kata Stoltenberg, Minggu (17/09/2023).

Menurutnya, sekutu NATO harus mempersiapkan diri untuk perang jangka panjang di Ukraina.

Konflik ini dimulai pada Februari 2022 ketika Moskow mengirimkan pasukannya ke Ukraina. Sehingga menimbulkan perang kembali di Eropa untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Kyiv melancarkan serangan balasannya pada bulan Juni, melawan posisi Rusia yang sudah mengakar di selatan dan timur, namun kemajuan yang dicapainya terbatas.

“Kami semua mengharapkan perdamaian secepatnya,” kata Stoltenberg.

“Tetapi pada saat yang sama kita harus menyadari jika Presiden (Volodymyr) Zelensky dan Ukraina berhenti berperang, negara mereka tidak akan ada lagi. Jika Presiden (Vladimir) Putin dan Rusia meletakkan senjata mereka, kita akan mencapai perdamaian.”

Mengenai ambisi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi tersebut, Stoltenberg mengatakan tidak ada keraguan bahwa Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan NATO.

Kyiv telah “mendekati NATO” pada pertemuan puncak aliansi tersebut pada bulan Juli.

“Ketika perang ini berakhir, kita memerlukan jaminan keamanan bagi Ukraina. Jika tidak, sejarah bisa terulang kembali,” tambahnya.

Pada pertemuan puncak bulan Juli di Vilnius, para pemimpin NATO sepakat bahwa Ukraina dapat bergabung dengan aliansi tersebut setelah syarat-syarat tertentu terpenuhi, dan para pejabat AS dan Jerman memperjelas bahwa hal ini mencakup Kyiv yang melakukan reformasi untuk melindungi demokrasi dan supremasi hukum.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img