Berita Utama

Minggu, 14 April 2024
Minggu, April 14, 2024
spot_img

AS Khawatir, Putin Hadiahi Kim Jong Un Mobil Buatan Rusia

INTERNASIONAL, Topinfo.id: Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan sebuah mobil kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, hal ini menimbulkan kekhawatiran di Amerika Serikat.

Pemberian tersebut, sebagai tanda lain dari membaiknya hubungan antara Rusia dan Korea Utara negara.

Mobil buatan Rusia untuk keperluan pribadi Kim diserahkan pada Minggu (18/2/2024) oleh delegasi Rusia. Hal itu dilaporkan kantor berita KCNA yang dikelola pemerintah.

Kim Yo Jong berterima kasih kepada Putin atas nama saudara laki-lakinya dan berkata, hadiah tersebut berfungsi sebagai demonstrasi yang jelas dari hubungan pribadi khusus antara para pemimpin Korea Utara dan Rusia.

Di sisi lain, para pejabat intelijen AS makin khawatir mengenai dampak jangka panjang dari kemitraan strategis tingkat baru antara Korea Utara dan Rusia.

Rusia telah berulang kali menembakkan rudal balistik jarak pendek yang dipasok Korea Utara ke sasaran Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

AS Khawatir Korut-Rusia Bergerak

Sementara itu, para pejabat AS khawatir bahwa Korea Utara mungkin dapat menggunakan hubungannya. Serta bekerjasama dengan Rusia untuk melonggarkan pengaruh China.

Sehingga berpotensi menghilangkan apa yang diyakini sebagian orang sebagai penghambat program uji coba nuklir Pyongyang.

Pada Januari, diplomat tingkat tinggi Korea Utara dan Rusia bertemu di Moskow. Hal ini sebelum adanya pemberitaan media pemerintah Korea Utara.

Sebaliknya, Kim mengunjungi Rusia untuk pertemuan puncak dengan Putin pada September. Dimana ia mendukung perang Kremlin terhadap Ukraina dan berkata, saya akan selalu mendukung Rusia.

Hadiah yang diberikan Putin berpotensi melanggar sanksi PBB yang diberlakukan terhadap Korea Utara atas program senjata nuklirnya.

Meskipun larangan penjualan barang-barang mewah ke negara tersebut tidak menghalangi Kim untuk tampil dalam berbagai kendaraan kelas atas selama bertahun-tahun.

Pemimpin Korea Utara ini sering terlihat diantar dengan mobil yang diyakini sebagai limusin lapis baja Mercedes-Maybach Pullman Guard, yang bernilai lebih dari US$1 juta.

Pada 2018, ia tiba di sebuah pertemuan dengan para pejabat AS dengan menggunakan Rolls-Royce hitam.

Awal tahun itu, dua kendaraan lapis baja Mercedes-Maybach S600 Guard dikirim dari Belanda ke Korea Utara. Kemungkinan besar akan digunakan oleh Kim.

Lembaga tersebut juga melaporkan bahwa Pyongyang mengimpor lebih dari 800 kendaraan mewah pada periode 2015 hingga 2017 saja yang sebagian besar berasal dari perusahaan Rusia.

Selama kunjungan Kim ke Rusia pada September lalu, Putin menunjukkan kepada pemimpin Korea Utara limusin miliknya, yang dibuat oleh produsen mobil mewah Rusia, Aurus.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine