Kamis, Desember 8, 2022
Google search engine

Anwar Ibrahim Resmi DIlantik Sebagai Perdana Menteri Baru Malaysia

Penulis:Ujang Nana

INTERNASIONALL, Topinfo.id: Datuk Seri Anwar Ibrahim secara resmi telah dilantik sebagai Perdana Menteri baru Malaysia. Setelah mengucapkan sumpah di Istana Negara, Kamis (24/11/2022).

Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah di depan Raja Malaysia. Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al- Mustafa Billah Shah.

“Saya, Anwar Ibrahim, setelah ditunjuk untuk menjabat sebagai Perdana Menteri. Bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan jujur memenuhi tugas itu dengan segala upaya saya. Dan bahwa saya akan mengabdikan kesetiaan saya yang sebenarnya kepada Malaysia,” ucap Anwar Ibrahim

Pelantikan ini merupakan akhir drama pemilu Malaysia. Pemilu yang menyedot perhatian publik beberapa hari terakhir.

Kemudian, Gabungan Parti Sarawak (GPS) siap menjadi bagian dari pemerintah. Sesuai dengan keputusan Yang di-Pertuan Agong.

Namun, dia mengatakan terserah kepada Perdana Menteri baru untuk membentuk pemerintahan.

Sebelumnya meski sudah melakukan pemilu sejak Sabtu, Perdana Menteri baru Malaysia tak kunjung ditentukan. Ini terkait tak ada partai yang memenangkan mayoritas suara parlemen.

Partai Anwar Ibrahin, Pakatan Harapan, mengumpulkan jumlah kursi tertinggi dengan 82. Ini diikuti oleh partai lain, yakni Perikatan (73), Barisan Nasional (30), Gabungan Parti Sarawak (23), Gabungan Rakyat Sabah (enam), Warisan (tiga), Parti Bangsa Malaysia dan Parti Kesejahteraan Demokratik Masyarakat masing-masing satu kursi.

Ada dua suara independen yang lolos. Untuk membentuk pemerintah, partai perlu mayoritas 112 kursi di parlemen dari total 222 kursi yang ada.

Raja Malaysia pun akhirnya ‘turun gunung’ dengan mengumpulkan para penguasa untuk membahas hal tersebut sebelum memutuskan Anwar Ibrahim untuk dilantik sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia.

Anwar Ibrahim resmi menjadi perdana menteri (PM) ke-10 Malaysia. Ini merupakan puncak setelah penantian 25 tahun.

Profil Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim atau yang juga disapa DSAI (Dato Sri Anwar Ibrahim) bukan wajah baru dalam perpolitikan Malaysia. Ia dikenal merupakan sebagai tokoh reformasi, yang berhaluan islam moderat.

Ia memulai karir politiknya pada tahun 1982. Saat itu, ia memutuskan untuk bergabung dengan partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Saat UMNO mendapatkan kursi pemerintahan dengan PM Mahathir Mohamad. Dirinya beberapa kali mendapatkan posisi di kabinet. Multi dari Menteri Pemuda, Kebudayaan, dan Olahraga serta menjadi Menteri Pertanian, Menteri Pendidikan, Menteri Keuangan hingga Wakil PM.

Karier politik anwar tak selamanya mulus. Anwar bersitegang dengan Mahathir Mohamad tentang bagaimana menangani krisis keuangan Asia 1997-1998.

Mahathir memecat Anwar kala itu. Di saat yang sama, ia juga dikeluarkan dari partai mereka UMNO. Skandal juga menggeluti dirinya. Ia didakwa melakukan korupsi dan sodomi.

Anwar mengklaim bahwa apa yang terjadi ke dirinyaa adalah penganiayaan politik. Protes jalanan juga meletus dan berkembang menjadi gerakan yang menyerukan reformasi demokrasi.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments