Kamis, Desember 8, 2022
Google search engine

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Panwaslu Baregbeg Gandeng MUI

Penulis:Ujang Nana

DAERAH, Topinfo.id: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Baregbeg, gandeng MUI Kecamatan untuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif, terhadap tahapan Pemilu 2024.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, dilaksanakan di Masjid At-Takwa Desa Sukamulyam yang bertepatan dengan pengajian bulanan kecamatan, Rabu (23/11/2022).

Derry Ridwan selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Baregbeg, bersama MUI Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, mensosialisasikan pentingnya sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat terhadap seluruh tahapan pemilu 2024.

“Panwaslu Kecamatan Baregebeg bersama MUI untuk mengajak masyarakat Baregbeg melakukan pengawasan partisipatif terhadap seluruh tahapan pemilu 2024” Ujar Derry

Ia menyampaikan, di 2024 Kecamatan Baregbeg akan mendapat perhatian lebih dari para peserta pemilu.

“Saat pemilu di gelar, Kecamatan Baregbeg menjadi salah satu kecamatan di Ciamis mendapat perhatian lebih dari para peserta pemilu” ungkap Derry.

Dirinya mengungkapkan tiga alasan mengapa Kecamatan Baregbeg mendapat perhatian lebih para peserta pemilu. Pertama, di tahun 2019 Baregbeg memiliki DPT 32.415 jiwa. Dengan partisipasi masyarakat yang tinggi, yaitu 85%.

Kedua, Baregbeg adalah daerah penyangga ibu kota ciamis. Komposisi masyarakat baregbeg sangat heterogen.

Ketiga, di baregbeg terdapat banyak pesantren. Akan banyak calon yang datang ke Baregbeg.

Panwaslu Kec. Baregbeg mengajak seluruh elemen dapat terlibat dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pemilu. Agar pemilu berjalan dengan Luber Jurdil.

Kuswa selaku Sekertaris MUI Kec. Baregbeg, yang saat itu turut hadir berpesan. Seluruh masyarakat Kecamatan Baregbeg ikut andil untuk menciptakan pemilu damai.

“Saat pemilu tiba, ingat, jangan saling menjelekan. Kita adalah saudara. Hindari konflik elektoral. Semua memiliki misi yg baik demi kebaikan Indonesia,” ungkap Kuswa

Ia juga berpesan agar seluruh jajaran MUI, TNI/Polri, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat saling bertanggungjawab dalam mensukseskan pemilu damai di Kecamatan Baregbeg.

Sekertaris MUI berharap, semoga pemilu 2024 melahirkan para pemimpin yang adil dan mensejahterakan semua, pungkasnya.

Tahapan Pemilu 2024

Diketahui bahwa tahapan pemilu diantaranya, Pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022, penetapan peserta Pemilu pada 14 Desember 2022.

Kemudian untuk pencalonan anggota DPD pada 6 Desember 2022 hingga 25 November 2023, Sedangkan untuk pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada 24 April 2023-25 November 2023.

Selanjutnya pencalonan presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023, masa kampanye  terjadi selama 75 hari mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Kemudian pemungutan suara Pemilu 2024 diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments