Berita Utama

Minggu, 14 April 2024
Minggu, April 14, 2024
spot_img

Kembangkan Sapi Pasundan, Disnakan Ciamis Buat Mini Ranch

Editor:Ujang Nana

DAERAH, Topinfo.id:  Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis membuat mini ranch untuk kembangankan potensi Sapi Pasundan khas Kabupaten Ciamis.

Untuk itu Disnakkan Ciamis saat ini tengah mengembangkan sebuah agrowisata yakni Mini Ranch Sapi Pasundan.

Diketahui, lokasi Mini Ranch Sapi Pasundan berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tempat tersebut, memiliki cuaca dan tempat yang cocok untuk perkembangan sapi. Di Mini Ranch Sapi Pasundan ini, sapi bisa berkeliaran bebas di Padang rumput.

Selain itu, pemkab Ciamis telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk kegiatan pembibitan sapi Pasundan, berkat pengembangan Mini Ranch ini. Sebagai upaya untuk mempercepat pertambahan populasi sapi di Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya, Disnakkan Ciamis pun berencana akan membangun pusat penelitian dan pengembangan sapi Pasundan yang ditargetkan tahun 2025. Lokasinya di Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok.

Harapannya, keberadaan Mini Ranch tersebut dapat mengembalikan kejayaan Ciamis sebagai sentra Sapi Pasundan. Di mana Ciamis dulu sebagai salah satu daerah pasok sapi ke luar daerah.

Tidak hanya sebagai pengembangan dan pembibitan sapi lokal, Mini Ranch juga sebagai lokasi edukasi dan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mini ranch ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Ciamis kota, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Mini Ranch sebetulnya merupakan lokasi untuk pengembangan sapi lokal yang dikelola oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis. Namun konsep peternakan ini sapi diliarkan di lahan yang menyerupai Padang rumput.

Menariknya, peternakan ini menyerupai peternakan yang ada di luar negeri seperti Selandia Baru. Udara di Mini Ranch sangat sejuk karena berada di kawasan pegunungan dengan pemandangan alam yang indah.

Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis pun kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Ciamis dan Pemerintah Desa setempat untuk mengelola wahana wisata.

Tiket dan Fasilitas Mini Ranch

Pengunjung dapat menikmati sejumlah wahana yang tersedia di obyek wisata sekitar Mini Ranch. Seperti flyng fox, ATV, mini cross, lesehan, mini zoo, ayunan dan camping ground. Tarif setiap wahana pun cukup terjangkau dari mulai Rp 10 ribu, Rp 15 ribu dan Rp 20 ribu. Sedangkan untuk tiket masuk Rp 3 ribu serta parkir Rp 2 ribu.

Sama seperti tempat wisata lainnya, Mini Ranch Sapi Pasindan memiliki sejumlah fasilitas seperti lahan parkir luas, mushala dan toilet.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine