Berita Utama

Sabtu, 15 Juni 2024
Sabtu, Juni 15, 2024
spot_img

Kadispar Ungkap Pentingnya Gelar Ngarak Pataka di HUT Ciamis ke 382

DAERAH, Topinfo.id: Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Budi Kurnia, ungkap alasan pentingnya menggelar kegiatan ngarak pataka di HUT Ciamis ke 382, untuk jaga nilai leluhur.

Diketahui sebelumnya, kegiatan Ngarak Pataka dilaksanakan di lima eks kewedanaan Ciamis. Namun di HUT Ciamis ke 382 sekarang, ngarak pataka hanya berlangsung di pusat Kota Ciamis saja.

Budi Kurnia membenarkan pada tahun ini pelaksanaan Ngarak Pataka akan berlangsung di pusat kota saja. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di 5 eks kewedanaan Ciamis.

“Ngarak Pataka tetap ada, hanya konsepnya kalau tahun-tahun sebelumnya itu kita disebar di 5 titik eks kewedanaan. Tahun ini hanya di pusat kota saja, dilaksanakan di tanggal 12 Juni 2024 pada saat rapat paripurna,” katanya, Jumat (07/06/2024).

Rute Ngarak Paraka

Menurutnya, adapun rute Ngarak Pataka tahun 2024 ini yaitu dari Pendopo Bupati Ciamis ke DPRD Kabupaten Ciamis. Jadi seperti jaman dulu sebelum di arak ke 5 eks kewedanaan Kabupaten Ciamis.

“Konsepnya seperti dulu, jadi di arak dari Pendopo Bupati Ciamis menuju Gedung DPRD Ciamis pada pelaksanaan Rapat Paripurna,” tuturnya.

Budi menjelaskan, alasan tidak di arak ke 5 titik Eks Kewedanaan seperti tahun sebelumnya itu salah satunya tahun ini sudah menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, jadi untuk menjaga kondusifitas.

“Bukan hanya persoalan anggaran, tapi kan kita menjelang Pilkada. Jadi, untuk acara hari jadi tahun 2024 ini dilaksanakan di pusat kota saja,” jelasnya.

Budi berharap semoga di tahun 2025 nanti, bisa kembali digelar di 5 eks kewedanaan sebagai pemerataan dan juga seluruh warga Ciamis tidak jauh-jauh nonton ke pusat kota.

“Jadi ini lebih ke momentum tahun Pilkada, maka dari itu kita lebih menyederhanakan acara rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024,” imbuhnya.

Budi menambahkan, untuk acara pokok hari jadi Ciamis yang rutin itu masih sama yaitu ziarah ke makam-makam mantan Bupati Ciamis, upacara hari jadi dan rangkaian Galuh Ethnic Carnival lalu ada rapat paripurna di DPRD Ciamis.

“Kalau acara pokok hari jadi Ciamis itu ada tiga yaitu ziarah, upacara dan rapat paripurna di DPRD Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine