Sabtu, Januari 28, 2023
Google search engine

Gempa Sukabumi Berkekuatan M 5,8 Tidak Berpotensi Tsunami

Penulis:Ujang Nana

DAERAH, Topinfo.id: Gempa bumi berkekuatan M 5,8 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat. Gempa terjadi pada pukul 07:50:57 WIB dan tidak berpotensi Tsunami.

Guncangan yang terjadi berkekuatan Magnitudo 5,8 berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (8/12/2022).

Guncangan efek bencana alam tersebut, dirasakan di sejumlah wilayah. Diantaranya sebagian wilayah Jawa Barat sampai Jakarta. Sumber gempa bumi terletak di Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan BMKG pada akun Twitternya, menerangkan bahwa kejadian gempa di Sukabumi bermagnitudo (M) 6,1. Hal tersebut, terjadi pada pukul 07.50 WIB. Koordinat gempa terletak 7,11 Lintang Selatan dan 106,99 Bujur Timur.

Titik koordinat berlokasi di 22 kilometer arah tenggara dari Kota Sukabumi. Lebih tepatnya pada kedalaman 104 kilometer.

Akan tetapi beberapa saat kemudian, BMKG memperbarui data kejadian, yakni berkekuatan M 5,8 dengan kedalaman 128 km.

Titik koordinat gempa 7,27 Lintang Selatan dan 106,88 Bujur timur. Sedangkan sumber guncangan berada di 39 kilometer arah barat daya dari Kota Sukabumi.

Lokasi kejadian berada di 7.11 Lintang Selatan dan 106.99 Bujur Timur.  Guncangan berpusat di darat 22 kilometer Tenggara Kota Sukabumi, dengan kedalaman 104 kilometer.

“Gempa dirasakan Magnitudo: 5.8, Kedalaman: 104 km, 08 Des 2022 07:50:57 WIB, Koordinat: 7.11 LS-106.99 BT. Pusat kejadian berada di darat 22 km Tenggara Kota Sukabumi)” tulis akun Twitter @infoBMKG.

Dilansir laman resmi BMKG, berikut sejumlah wilayah yang merasakan gempa Sukabumi (Skala MMI):

– IV Rancaekek

– III Lembang

– III Bogor

– III Bandung

– III Pangandaran

– III Padalarang

– III Pamoyanan

– III Sumedang

– III Cianjur

– II Cisolok

– II Sumur

– II Sukabumi

– II DKI Jakarta

– II Garut, II Bekasi

– II Tangerang Selatan

– II Bandar Lampung

Gempa di Sukabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gucangan yang berkekuatan, Magnitudo 5,8 BMKG menyebutkan bahwa hal tersebut tidak mengakibatkan potensi tsunami.

Akan tetapi, BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang sangan memungkinkan untuk terjadi kembali.

Daryono selaku Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, menyampaikan atas kejadian tersebut, pihaknya belum menemukan laporan kerusakan akibat gempa Sukabumi.

“Gempa Magnitudo 5,8 ini tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan kerusakan,” tulisnya di akun Twitter @DaryonoBMKG.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments