Berita Utama

Sabtu, 15 Juni 2024
Sabtu, Juni 15, 2024
spot_img

DP2KBP3A Ciamis Gelar Rapat Penyusunan Grand Design Kependudukan

Editor:Ujang Nana

DAERAH, Topinfo.id: Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis gelar rapat bentuk Grand Design Kependudukan.

Diketahui, rapat penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) dilaksanakan di Aula Bappeda Ciamis, Senin (11/9/2023).

Kegiatan tersebut, dihadiri Perwakilan BKKBN Jabar, Tiwa Sukrianto (Ketua Komite Perencanaan Kabupaten Ciamis), akademisi Unigal, pejabat lingkup Pemkab Ciamis.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis, Dr. Dian Budiyana M.Si mengatakan, Grand Design Pembangunan Kependudukan ini sangat penting dilakukan, sebagai bahan penyusunan kajian situasi kependudukan di Ciamis.

“Lewat kegiatan rapat ini, kita harap bisa diperoleh kejelasan tentang tahapan-tahapan penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan, sebagai bahan penyusunan kajian situasi kependudukan di Ciamis,” ungkap Dian, Jumat (15/09/2023).

Dirinya menyebut, penduduk mempunyai peran sangat penting dalam pembangunan nasional dan daerah. Penduduk merupakan pelaku dan penerima manfaat pembangunan dengan dinamikanya yang sangat kompleks.

Untuk itu, struktur kelembagaan yang saat ini menangani membutuhkan koordinasi antar sektor mulai dari Kementerian, lembaga dari pusat sampai daerah.

“Grand Design Kependudukan dinilai berpotensi menjadi landasan penanganan persoalan kependudukan yang terencana, sistematis dan berkesinambungan,” katanya.

Menurut Dian, Grand desaign kependudukan merupakan kerangka utama atau rencana induk pembangunan yang memuat visi misi, arah kebijakan dan sasaan pembangunan di bidang kependudukan.

Oleh karen itu, pihak pemerintah Ciamis melaksanakan rapat Grand Design Kependudukan dalam upaya menyusun tahapan-tahapan dalam Pembangunan Kependudukan untuk bahan kajian situasi kependudukan dari berbagai sektor.

Adapun sektor tersebut, meliputi 5 pilar yakni kuantitas penduduk, kualitas penduduk, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga, serta penataan data informasi kependudukan dan administrasi kependudukan.

“Berbagai saran dan parameter yang tercantum dalam GDPK diharapkan nanti dapat diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah,” pungkasnya.

Dapatkan update berita terbaaru setiap hari dari Topinfo.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Topinfo News Update", caranya klik link https://t.me/topinfoid_update, kemudian klik join.

Bagikan artikel

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

- Advertisment -
Google search engine
- Advertisment -
Google search engine