General Banner December 2019

Mahasiswa asing yang ingin belajar di sekolah atau universitas Amerika harus bisa berbicara dalam bahasa Inggris yang baik dan memahami bahan-bahan pelajaran yang tertulis dalam textbook.

Kursus-kursus bahasa asing bisa diperoleh praktis pada semua universitas di Amerika, dan juga pada sekolah-sekolah bahasa yang mengkhususkan diri untuk itu.

Tapi untuk belajar bahasa Inggris, pilihan yang terbaik adalah di kota-kota besar, dan untuk itu ada dua tempat yang populer.

Yang pertama adalah New York, karena kota itu boleh dikata pusat kebudayaan, bisnis dan seni di Amerika.  Di kota ini banyak sekolah bahasa, dan kebanyakan memusatkan pada pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bagi calon siswa atau mahasiswa.

Tapi seperti banyak hal lainnya di kota metropolitan itu kursus bahasa Inggris bisa sangat mahal harganya dibanding dengan kursus-kursus yang diberikan oleh perguruan tinggi atau universitas. 

Kursus bahasa Inggris yang intensif di kota New York bisa menghabiskan uang beberapa ratus dollar per minggu, dan kalau ditambah dengan ongkos hidup, seperti sewa hotel atau apartemen dan ongkos makanan di bagian tengah kota, jumlahnya bisa sagat tinggi bagi kebanyakan orang. Tapi kalau uang bukan masalah, soal ongkos itu bukanlah hal yang serius.

Kota kedua yang tidak kalah populernya untuk belajar bahasa Inggris adalah Boston, yang terletak di timur laut Amerika. Di kota yang telah berusia ratusan tahun ini terdapat campuran kebudayaan lama dan baru. Kota ini telah dipermodern dengan segala fasilitas modern, tapi masih menunjukkan warisan kolonialnya dalam bentuk bangunan-bangunan dan tata kota yang unik.

Di kota Boston ini terdapat sejumlah sekolah bahasa yang terkenal, yang utamanya memusatkan pada bahasa Ingris sebagai bahasa kedua. Tapi selain bahasa Inggris, kalau mau dan punya waktu, anda juga bisa belajar beragam bahasa asing lainnya, seperti bahasa Spanyol dan Cina yang kini semakin digemari.

Walaupun ongkos hidup di Boston tidak semahal di kota New York, jumlah yang harus dibayar masih cukup tingi kalau anda memilih tinggal di pusat kota. Kalau ingin lebih irit, Anda bisa tinggal di pinggiran kota dan harus siap untuk menggunakan angkutan umum, seperti bis dan kereta api.

Kota lainnya yang banyak dituju siswa dan calon mahasiswa asing untruk belajar bahasa Inggris adalah kawasan kota Miami yang dikenal dengan nama South Beach Miami, di negara bagian Florida.

Di kota ini terdapat pantai-pantai yang berpasir putih dan pohon-pohon palem yang tinggi. Ditambah dengan restoran-rstoran terkenal dan tempat hiburan malam, distrik Art Deco di kota ini adalah tempat yang harus dikunjungi tiap orang yang datang ke Amerika.                                                                                                                                   

Kata sebuah sekolah bahasa yang mengiklankan kursusnya di internet, “Kami jamin bahasa Inggris Anda akan hebat dan Anda akan mendapat pengalaman tak terlupakan sambil belajar bahasa dan menemukan banyak hal yang menarik!”

Kursus yang ditawarkan oleh salah satu sekolah itu misalnya adalah Summer Plus Program di Miami. Program ini menawarkan kursus selama dua sampai tujuh minggu untuk anak sekolah berumur 13 sampai 17 tahun. Kursus ini diadakan pada musim panas, bulan Juni sampai Agustus.

Ongkos kursus AS$1.680 per minggu, ditambah ongkos pendaftaran AS$140. Kursus ini menekankan kepandaian percakapan dalam kelas, dan diperkuat dengan bengkel kerja serta field trip di kawasan kota Miami dan Florida Selatan yang ditemani oleh staf yang berpengalaman.

Kebanyakan guru-gurunya punya latar belakang yang menarik dalam bidang seni, musik, tari, sport, film, keuangan, hukum dan teknologi informasi. Jadi para siswa bisa bercakap-cakap dengan mereka dalam bidang yang diminati untuk menambah kosakata dan kemahiran berbicara bahasa Inggris.

Pelajaran dimulai jam 9.30 pagi sampai jam 12.45 hari Senin sampai Jumat. Itu berarti 10 pelajaran bahasa Inggris per minggu, untuk melatih berbicara, mendengar, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

Kursus itu bisa ditambah dengan 10 pelajaran per minggu untuk membahas masalah seni dan desain, fesyen, kepemimpinan, olahraga Amerika atau tentang studi kelautan.

Selain ongkos kursus dan ongkos pendaftaran, ada lagi ongkos antar-jemput dari tempat penginapan ke bandara, ongkos asuransi kesehatan dan berbagai ongkos perjalanan atau studi trip ke Cape Canaveral, tempat peluncuran roket dan satelit Amerika, dan ongkos liburan akhir pekan ke Orlando, dimana terdapat Disney World. Semua itu dimaksudkan supaya para siswa bisa mendapat pengalaman sebanyak mungkin dan bisa membahas berbagai topik menarik dalam bahas Inggris. [ii]

Baca info kami lainnya Klik Disini, informasi kami bersumber dari media online terpercaya dan profesional. Ayo Subscribe agar tidak ketinggalan update terbaru dari topinfo.id

Lihat Sumber Info : Serba Serbi Kursus Bahasa Inggris di Amerika 

General Banner December 2019